Sayembara Desain Escape House 2016


Ketentuan Desain :
  1. Peserta mendesain sebuah hunian dengan tema "Escape House"
  2. Hunian harus merespon kondisi di masa depan (digambarkan dengan sekenario)
  3. Fungsi utama bangunan adalah sebagai tempat tinggal temporer yang dapat berpindah (movable house) dengan penekanan pada fleksibelitas ruang terhadap tapak yang beragam
  4. Peserta dibebaskan memilih tapak hunian yang dijadikan tujuan pelarian
  5. Peserta dibebaskan dalam menentukan desain sistem berpindah Escape House (wheel based, Knok Down, dan sebagainya)
  6. Semakin bervariasi tampak yang bisa dicapai dan ditempati oleh Escape House maka semakin tinggi nilai hunian tersebut
  7. Peserta dibebaskan menentukan karateristik pengguna. Karateristik pengguna akan menentukan kebutuhan ruang dari hunian tersebut. Misal pengguna merupakan sekelompok Mahasiswa maka dibutuhkan satu ruang belajar
  8. Jumlah pengguna Escape House minimal 3 orang
  9. Peserta diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif dalam memecahkan permasalahan kebutuhan energi (kebutuhan listrik sehari - hari) dan pengelolaan limbah rumah tangga
  10. Bangunan dan fungsi bangunan yang didesain juga harus diterima dilingkungan sekitar / sesuai konteks lingkungan yang akan disinggahi
  11. Luas hunian maksimal 20 meter/segi dengan asumsi setiap orang membutuhkan ruang 6 meter/ segi
Ketentuan Penilaian
  1. Unik dan Orisinal
  2. Inovatif dan Solutif
  3. Kelengkapan Ketentuan Produk
Ketentuan Produk 

Produk Desain berupa panel presentasi ukuran A3 landscape dengan jumlah maksimal 8 halaman panel konten planel presentasi wajib mencakup hal - hal berikut :
  1. Latar belakang, Sekenario, Konsep, Kenjelasan fungsi serta pengguna dan Trasformasi Desain
  2. Denah setiap lantai
  3. Potongan (min 2) dan Tampak (min 3)
  4. Prespektif Interior dan Ekterior
  5. Detail struktur dan kontruksi dari aspek yang ditonjolkan dalam desain
Skala disesuaikan dengan ukuran kertas dan diberi skala batang. Identitas peserta berupa nomor peserta diletakkan dibagian kanan bawah pada setiap halaman panel presentasi.

Kreteria Peserta 
  1. Lomba Desain diperuntukkan perorangan atau tim beranggotakan maksimal 3 (tiga) orang
  2. Peserta dilarang mencantumkan identitas apapun dalam produk kecuali nomor peserta
  3. Peserta  merupakan mahasiswa aktif D3/S1 program studi apapun, namun tiap kelompok diwajibkan terdapat mahasiswa/i program study arsitektur sebagai ketua tim. Peserta yang tidak ber-tim (perorangan) harus dari program study arsitektur
  4. Setiap nomor peserta hanya berlaku satu karya, apabila terdapat lebih dari satu karya maka harus disertakan formulir secara terpisah dengan nomor formulir yang berbeda
Ketentuan Umum
  1. Gagasan desain adalah karya asli peserta dan belum dipublikasikan serta diikutkan pada lomba apapun
  2. Karya yang masuk tidak akan dikembalikan dan penyelenggara berhak mempublikasikan karya tersebut. Hak cipta atas karya tetap melekat pada perancang
  3. Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat
  4. Lima belas  (15) karya terbaik akan dipamerkan dalam acara WEX 2016 yang akan berlangsung 7, 8, 9 April 2016
Ketentuan Finalis
  1. Peserta yang lolos pada tahap (1) lima besar finalis sayembara WEX akan mempresentasikan karyanya pada tanggal 8 April 2016 dalam rangka acara WEX 2016
  2. Bentuk dan acara presentasi bebas. Masing - masing peserta mendapatkan waktu 15 menit untuk mempresentasikan karya
  3. Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana sesuai dengan isi presentasi. Sarana dan parasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta
  4. Alat presentasi yang disediakan panitia berupa laptop, pointer, serta proyektor
  5. Keputusan Dewan Juri Mutlak tidak dapat dinggagu gugat
Prosedur Pendaftran 
  1. Peserta lomba dikenakan biaya pendaftran sebesar Rp 75.000,- pada masa early bird dan Rp 100.000,- pada masa pendaftran umum. Nominal pembayaran berlaku bagi tim ataupun perseorangan. Biaya pedaftran dikirim ke Rekening Mandiri : 137 00 1076019 3 a.n Asmaul Husna
  2. Peserta Mengisi formulir pendaftran online melalui web : www.wiswakharmanexpo.com
  3. Peserta mengirim bukti pembayaran dan scan tanda kartu mahasiswa via email ke WEX@mail.com dengan subject EH2016_(Nama Tim)
  4. Nomor peserta akan dikirim via email setelah peserta melengkapi persyaratan registrasi selambat-lambatnya 3 hari setelah pendaftran 
Prosedur Pengumpulan Karya 
  1. Peserta mengirimkan softcopy panel presentasi (pdf) melalui email escapehouse_wex2016@yahoo.com dengan subject : EH_xxx (tiga digit nomor peserta) dan ukuran file maksimal 15 MB. Paling lambat diterima panitia 13 Maret 2016 pukul 23.00 WIB
  2. Peserta mencetak presentasi sesuai dengan ketentuan dan dikirim ke sekertariat panitia sayembara WEX dengan alamat :
    • Panitia Lomba Sayembara WEX UGM
    • Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA)
    • Fakultas Tekni - Universitas Gadjah Mada
    • Jalan Grafika 2, sekip, Yogyakarya 55281
    • INDONESIA
Jadwal Kegiatan :
  1. Pendaftran Early Bird : 28 Desember 2015 - 15 Januari 2016
  2. Pendaftran Umum : 16 Janurai - 12 Maret 2016
  3. Batas Pengumpulan Karya (karya harus sudah sampai tujuan) : 13 Maret 2016
  4. Penjurian Tahap (1) : 14 - 26 Maret 2016
  5. Pengumuman Finalis : 1 April 2016
  6. Penjurian Tahap (2) : 8 April 2016 
Dewan Juri
  • Tahap 1 : Budi Prayitno (Dosen UGM), Ika Putra (Dosen UGM), IAI DIY (dalam Konfirmasi)
  • Tahap 2 : Budi Pradono (Budi Pradono Architect), Eko Prawoto (dalam Konfirmasi), IAI DIY (dalam Konfirmasi)
Apresiasi (hadiah lomba)
  • Juara 1 : Uang Tunai Rp 7.000.000,- + Plakat + Sertifikat
  • Juara 2 : Uang Tunai Rp 5.000.000,- + Plakat + Sertifikat
  • Juara 3 : Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Plakat + Sertifikat 
  • Juara Harapan 1 : Uang Tunai Rp 500.000,- + Plakat + Sertifikat
  • Juara Harapan 2 : Uang Tunai Rp 300.000,- + Plakat + Sertifikat
  • Best Presentation : Uang Tunai Rp 200.000,- + Plakat + Sertifikat
Contac Person :
Bayu : 0882-1640-9470
Nia : 0896-6062-9118
Facebook : Wiswakharman Expo
Twitter : @WEX_UGM 

0 Response to "Sayembara Desain Escape House 2016"