Lomba PENGEMBANGAN BISNIS TIK GEMASTIK 8
Deskripsi:
Kategori Pengembangan bisnis akan berbentuk kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK. Lomba ini akan menyeleksi ide pengembangan bisnis dalam bentuk ringkasan eksekutif pada tahap penyisihan, kemudian business plan pada tahap kedua dan kompetisi produk disertai dengan proyeksi bisnisnya. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk-produk TIK, baik berupa jasa dan produk.Penyisihan Tahap I:
Tahap ini dimulai dengan semua tim mendaftar kan diri melalui website Gemastik 8. Tim kemudian menyerahkan Executive Summary sebanyak 3 halaman tentang rencana bisnisnya dengan meng-upload dalam bentuk .pdf pada website Gemastik 8. Juri/Reviewer akan memilih maksimal 30 tim untuk lolos dalam Tahap II.Penyisihan Tahap II:
Business Plan (BP)Tim yang lolos tahap II diwajibkan untuk menyerahkan Business Plan maksimal 15 halaman, termasuk lampiran, dalam format .pdf dan di-upload melalui website Gemastik 8.
Tim juga diwajibkan mengirimkan video presentasi dari bisnis yang akan dikembangkan selama maksimal 5 menit (elevator pitch). Video presentasi juga di-upload di Youtube.
Penjurian dari tahap II ini akan memilih maksimal 10 tim untuk masuk ke babak Final yang akan berlangsung di UGM Yogyakarta.
Babak Final.
Tim yang lolos di babak Final wajib membuat poster dan membawa produk/layanan yang merupakan obyek dari business plan yang dikembangkan, dan akan dipamerkan pada workshop yang diselenggarakan pada babak Final.Tim akan melakukan presentasi Business Plan-nya dihadapan dewan Juri.
Syarat Tim:
- Terdiri dari 3 orang yang masih terdaftar aktif di universitas yang sama.
- Setiap anggota tim hanya boleh terdaftar pada 1 tim saja.
- Nama dan Logo Tim tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, atau kontroversi.
Syarat Dokumen:
- Isi dokumen menekankan pada potensi bisnis berbasis produk atau layanan di bidang teknologi informasi.
- Tim harus menunjukkan ide original (bukan hasil karya orang lain) dan baru (belum pernah dipublikasi sebelum tahun 2014).
- Setiap dokumen ditulis dalam bahasa Indonesia, namun dimungkinkan pemakaian beberapa istilah bahasa asing yang lebih mudah dipahami.
- Setiap dokumen harus ada halaman sampul di bagian depan yang memberikan informasi nama tim, nama-nama anggota tim termasuk nama universitas dan alamat e-mail (ketua tim).
- Dokumen Executive Summary maksimal 3 (tiga) halaman, tidak termasuk halaman sampul. File disimpan dengan format nama file: ES_NamaTim_NamaUniversitas.pdf
- Dokumen Business Plan maksimal 15 halaman, tidak termasuk halaman sampul. File disimpan dengan format nama file: BP_NamaTim_NamaUniversitas.pdf
- Ukuran kertas: A4.
- Margin tidak boleh lebih kecil dari 3 cm di setiap sisi
- Jenis dan ukuran huruf: Times New Roman 12 pt.
- Jarak spasi : single space.
- Dokumen diserahkan dalam satu file dengan format Adobe Acrobat (.pdf )
- Halaman sampul: ukuran, jenis huruf bebas.
Pedoman Executive Summary
Mencakup informasi mengenai:- Ringkasan perusahaan
- Analisis pelanggan / pasar: ukuran pasar, pangsa pasar potensial dan kebutuhan pelanggan/pasar.
- Deskripsi produk / layanan termasuk kondisi perkembangan produk/layanan tersebut saat ini
- Strategi penjualan dan marketing.
- Kekayaan intelektual: Status paten dan lisensi (jika ada)
- Analisis kompetitor
- Tim manajemen dan / atau penasihat, termasuk pengalaman yang relevan
- Keuangan: Proyeksi pendapatan dalam 3-5 tahun, dan cash flow
- Jumlah dana investasi yang dibutuhkan.
Pedoman Dokumen Business Plan
Berisi tentang Executive Summary dan Analisis Finansial yang lebih detail dengan data spreadsheet, grafik, detail gambar atau data lainnya dalam bentuk lampiran.Kriteria Penilaian
1. Pasar (Market)- Mampu mengidentifikasi Peluang Pasar yang besar.
- Mampu mengidentikasi Kebutuhan customer dengan tepat .
- Penentuan target market dengan tepat.
- Memaparkan dengan jelas produk/layanan yang ditawarkan.
- Suatu Produk/layanan yang sangat menarik/atraktif/up-to-date
- Value proposition yang kuat kepada end-user/consumer
- Business plan, strategi penjualan dan marketing yang berkualitas
- Strategi yang baik untuk mengatasi potential competitors
- Mampu mengidentifikasi key risks/mitigations
- Melakukan Financial Forecast dengan benar.
- Perusahaan yang memiliki anggota yang solid yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tepat untuk menjadikan bisnis ini sukses
- Hasil / pekerjaan yang telah dilakukan hingga saat ini
- Hasil penjualan, jumlah pelanggan/user, surat kerjasama, kemitraan, dll.
Pendaftran silahkan daftar disini
Contac Person :
Panitia Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK ke 8
Direktorat Kemahasiswaan, Universitas Gajah Mada
Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indoneia
(0274) 515660
Web : gemastik@ugm.ac.id
0 Response to "Lomba PENGEMBANGAN BISNIS TIK GEMASTIK 8"