Minna no Matsuri 2 UGM

Minna no Matsuri 2 

 

Info Lomba Minna no Matsuri 2

Informasi lomba beserta biaya pendaftaran

Cerdas Cermat 
Definisi Lomba
Cerdas cermat adalah lomba asah kemampuan dan pengetahuan tentang Jepang baik dari segi tata bahasa, kosa kata maupun pengetahuan secara umum.
Syarat dan Ketentuan Lomba
  • Membayar biaya pendaftaan dan melaksanakan registrasi sesuai prosedur.
  • Sebelum pertandingan dimulai, peserta diharuskan mempersiapkan diri dalam waktu 15 menit. Jika setelah 15 menit tersebut peserta belum datang, maka akan dipanggil 3 kali oleh MC, dan jika dengan 3 kali panggilan tersebut peserta tidak hadir juga, maka secara otomatis akan didiskualifikasi.
  • Babak penyisihan berjumlah 50 peserta yang akan disaring menjadi 16 peserta untuk masuk babak perempat final.
  • Babak perempat final berjumlah 16 peserta yang akan disaring menjadi 8 peserta untuk masuk babak semifinal.
  • Babak semifinal berjumlah 8 peserta yang akan disaring menjadi 4 peserta untuk masuk babak final.
  • Babak final terdiri dari 4 peserta yang nantina langsung ditetukan juara 1, 2, dan 3.
  • Keputusan juri adalah sah dan tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan dan Prosedur Lomba
  • Perlombaan bersifat individual dan tidak kelompok.
  • Dibagi menjadi empat babak, yaitu babak penyisihan, babak perempat final, babak semifinal, dan babak final.
  • Pemenang diambil 3 peserta, dengan juara 1, 2, dan 3 ang masing-masing akan mendapatkan tropi, sertifikat dan uang tunai.
  • Penonton atau supporter dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta. Jika demikian, maka nilai peserta dari sekolah tersebut akan dikurangi 100 poin.
  • Untuk jawaban yang ditulis, peserta diharuskan menuliskannya dengan huruf yang besar dan jelas di atas kertas yang telah disediakan oleh panitia.
  • Untuk pertanyaan Maru Batsu, peserta diharuskan mengangkat jawabannya setelah peluit dibunyikan, dan bagi yang terlambat mengangkat jawabannya, maka tidak akan diperkenankan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  • Peserta tidak diperbolehkan menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan selesai dibacakan. Peserta yang melanggar, maka jawabannya dianggap hangus.
  • Baik peserta maupun suporter harus mematuhi seluruh peraturan yang tertulis.
Kriteria Lomba
  • Babak Penyisihan yang terdiri dari :
    • Pertanyaan Maru Batsu
      Peserta diberikan waktu 5 detik untuk berpikir, dan mengangkat jawaban “maru” jika benar, atau mengangkat jawaban “batsu” jika salah setelah soal dibacakan oleh juri. Peserta dilarang menurunkan atau mengganti papan “maru batsu” sebelum jawaban di slide keluar. Jawaban benar akan melanjutkan ke soal berikutnya. Jawaban salah, peserta gugur dan harus meninggalkan tempat. Peserta yang terlambat menjawab dianggap tidak menjawab atau gugur dan harus meninggalkan tempat. Pertanyaan dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia. 
      • Dalam babak penyisihan hanya ada soal maru batsu. Peserta akan disaring sampai mendapatkan 16 orang yang akan melanjutkan ke babak perempat final.
      • Soal babak penyisihan maru batsu terdiri darigoi (kosa kata jepang), ippan, moji (katakana dan hiragana), Angka, dan bunpou.
Babak perempat final yang terdiri dari :
  • Pertanyaan Maru Batsu
    Pertanyaan berjumlah 5 buah yang terdiri dari soal bunpou, moji (hiragana atau katakana), goi, dan ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 point. Jawaban salah tidak dikurangi. Peserta yang terlambat menjawab dianggap tidak menjawab dan tidak dihitung point. Pertanyaan dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Pilihan Kotak
    Dalam setiap pertandingan terdapat 4 kotak soal yang dapat dipilih oleh setiap peserta. 1 kotak terdiri atas 3 pertanyaan yang terdiri daribunpou, katakana, goi. Jawaban benar akan diberikan 100 point; jawaban salah point tidak dikurangi; tidak menjawab tidak dihitung point dan tidak dikurangi.
    Soal dipilih pertama kali oleh peserta dengan poin terbanyak dalam babak maru batsu, lalu diteruskan berurutan ke peserta selanjutnya. Jika peserta yang memilih tidak bisa menjawab, maka pertanyaan tidak dilempar. 
    • Babak Kotak terdiri dari 4 kali pertandingan dengan 1 babak 4 peserta bertanding.
    • Pada setiap pertandingan akan diambil 2 peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak semi final.
  • Babak semi final yang terdiri dari :
    • Soal Maru Batsu
    • Pertanyaan berjumlah 5 buah yang terdiri dari soalbunpou, moji (kanji), bunka, rekishi, ippan. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 point. Jawaban salah tidak dikurangi nilainya. Peserta yang terlambat menjawab dianggap tidak menjawab dan tidak dihitung point. Pertanyaan dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia.
    • Pilihan Kotak
    • Dalam setiap babak terdapat 16 kotak yang dapat dipilih oleh setiap peserta, terdiri dari bunpou, moji (kanji), bunka, rekishii, goi, ippan. Nilai untuk babak ini berkisar antara 100 - 250 poin. Peserta dengan point tertinggi dalam babak maru batsu, berhak memilih pertama kali soal kotak, namun semua peserta berhak untuk menjawab soal tersebut secara rebutan. Apabila peserta menjawab benar, maka peserta tersebut berhak memilih soal selanjutnya, maksimal 3x. Selanjutnya, hak memilih akan diberikan pada urutan kelompok selanjutnya. Apabila peserta salah menjawab, skor dikurangi 50 point dan soaltidak dilempar.
    • Kotak Puzzle
    • Terdapat sebuah gambar yang akan ditutup dengan 6 kotak. Gambar harus ditebak dan terdiri dari kategori kata kerja atau goi (shigoto). Terdiri dari 12 soal yang akan dipilih oleh peserta.
      Perlombaan dimulai dengan membuka sebuah kotak. Peserta diberikan waktu 10 detik untuk berpikir. Jika peserta belum bisa menjawab akan dibuka kotak kedua, begitu seterusnya sampai peserta menjawab. Soal tidak dilempar. Nilai akan dikurangi 10 point per kotak yang terbuka.
      Maka jawaban sempurna akan mendapat 60 point dan nilai terendah 10 point. Apabila semua kotak penutup sudah terbuka tetapi peserta tidak bisa menjawab, maka tidak akan dihitung point.
      • Dalam babak semi final ada 2 kali pertandingan. 4 peserta bertanding bergiliran setiap babak. Terdapat 2 kali pertandingan maru batsu, 2 kali pertandingan pilihan kotak, dan 2 kali pertandingan kotak puzzle.
      • Pada setiap pertandingan akan diambil 2 peserta dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final.
  • Babak final yang terdiri dari :
    • Soal Maru Batsu
    • Pertanyaan berjumlah 15 buah yang terdiri dari soalbunpou, kanji, bunka, rekishi, ippan, goi. Setiap jawaban benar akan diberikan 10 point. Jawaban salah tidak dikurangi nilainya. Peserta yang terlambat menjawab dianggap tidak menjawab dan tidak dihitung point. Pertanyaan dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia.
    • Pilihan Kotak
    • Jenis soalnya tersembunyi. Peserta harus memilih nomor kotak tanpa mengetahui jenis soalnya. Jumlah soal keseluruhan adalah 16 soal terdiri dari bunpou, kanji, bunka, rekishii, goi, ippan, suugaku. Nilai dalam kotak berkisar antara 100 - 300 poin. Peserta dengan point tertinggi dalam babak maru batsu, berhak memilih pertama kali soal kotak, namun semua peserta berhak untuk menjawab soal tersebut secara rebutan. Apabila peserta menjawab benar, maka peserta tersebut berhak memilih soal selanjutnya, maksimal 3x. Selanjutnya, hak memilih akan diberikan pada urutan kelompok selanjutnya. Apabila peserta salah menjawab, skordikurangi 50 point.
    • Soal rebutan
    • Terdiri dari 15 soal campuran (bunpou, moji (kanji), bunka, rekishii, goi, ippan, suugaku, kiki-kakitori), jawaban benar bernilai 200 poin, apabila salah dikurangi 100 poin. Pertanyaan dilempar dengan poin lemparan utuh. Kata yang pertama disebut, dianggap sebagai jawaban
  • Dalam babak final hanya ada 1 kali pertandingan. 4 peserta bertanding hanya dalam 1 babak. Terdapat 1 kali pertandingan maru batsu, 1 kali pertandingan pilihan kotak , dan 1 kali pertandingan rebutan.
  • Seluruh pertanyaan akan diberikan 60% dalam bahasa Jepang dan 40% dalam bahasa Indonesia.
  • Bagi para peserta yang memiliki nilai sama, maka akan diberikan 1 pertanyaan tambahan dan harus dijawab secara berebut.
  • Dalam sesi pertanyaan berebut, sebelum menjawab, peserta diharuskan memencet bel yang sudah disiapkan oleh panitia, dan tidak diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan tersebut sebelum nama sekolahnya dipanggil.
  • Dari pertandingan final akan ditentukan juara 1, 2, dan 3.
Kamishibai
Definisi Lomba 
Lomba Kamishibai adalah lomba untuk mempertunjukan cerita berbahasa Jepang. Peserta akan mempresentasikan dan menyampaikan cerita yang sudah dibuat oleh peserta sesuai dengan tema yang ditentukan oleh panitia, melalui gambar yang sudah dibuat oleh peserta berdasarkan tema yang ditentukan.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Membayar biaya pendaftaran dan melakukan registrasi sesuai prosedur.
  • Wajib mengikuti Technical Meeting.
  • Saat lomba, peserta paling lambat hadir 30 menit sebelum lomba dimulai.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan dan Prosedur Lomba 
  • Peserta membuat cerita sederhana bahasa Jepang berdasarken salah satu festival dalam tema besar Minna no Matsuri “Aki no Matsuri”.Contoh festival dapat dilihat di blog Minna no Matsuri.
  • Peserta membuat gambar untuk menceritakan kembali cerita yang sudah dibuat. Gambar harus sudah siap pada saat lomba.
  • Panitia menyiapkan tema yang nantinya akan dibuat cerita oleh peserta sesuai dengan kreativitas peserta.
  • Artwork menggunakan kertas A3 (jilid spiral), untuk yang berwarna akan mendapat nilai tambahan.
  • Artwork berjumlah antara 5-15 halaman.
  • Peserta duduk pada tempat yang telah disediakan oleh panitia dan menunggu untuk giliran perform.
  • Waktu perform maksimal 7 menit, termasuk persiapan dan pertanyaan dari Juri. Jika melebihi 7 menit, maka perform akan terpaksa diberhentikan.
  • Setelah selesai perform, peserta akan diajukan 1 pertanyaan oleh juri seputar cerita yang telah ditampilkan.
  • Peserta yang sudah selesai perform, harap kembali ke tempat duduknya.
  • Juara akan langsung dipilih, Juara 1, 2, dan 3 yang masing-masing akan mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang tunai.
  • Gambar dan cerita harus orisinil (tidak pernah dipublikasikan dimanapun).
  • Gambar tidak boleh menampilkan hal apapun yang berbau SARA, erotisme, pornografi, dan kekerasan.
Tata Tertib 
  • Peserta dilarang membuat keributan pada saat lomba.
  • HP harap di-silent atau dimatikan.
  • Peserta yang terlambat akan ditempatkan pada urutan perform yang paling terakhir. Jika masih belum datang juga, maka akan didiskualifikasi.
  • Peserta boleh membawa peralatan pendukung perform, seperti musik, memakai kimono/happi, dan lainnya.
  • Tata tertib penonton :
  • Penonton harap menonton pada area yang telah disediakan oleh panitia.
  • Penonton diharapkan tenang pada saat lomba berlangsung.
  • Penonton tidak diperkenankan mengambil foto peserta yang sedang tampil dari jarak dekat dan tidak menggunakan flash.
Kriteria Penilaian 
  • Artwork (Kerapian, Pewarnaan, dan Sinkronisasi dengan cerita yang ditampilkan serta alat pendukung perform)
  • Cerita (Cerita harus sesuai dengan tema yang ditentukan, jelas alur ceritanya, dan menarik untuk dilihat&didengarkan)
  • Hatsuon (Pelafalan, meskipun di bagian belakang gambar ada teksnya, namun bila hafal ceritanya akan lebih baik)
  • Performance (Ekspresi+Improvisasi saat menyampaikan cerita)
  • Jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh Juri
Roudoku
Definisi Lomba 
Roudoku adalah lomba membaca teks bahasa Jepang secara nyaring dan tepat sesuai dengan hatsuon dan intonasi.
Syarat dan Ketentuan Umum 
  • Peserta membayar biaya pendaftaran dan melakukan registasi sesuai prosedur.
  • Wajib mengikuti Technical Meeting.
  • Peserta wajib hadir di tempat lomba 10 menit sebelum lomba dimulai.
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan dan Prosedur Lomba 
  • Perlombaan bersifat individu.
  • Terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan, babak semi final dan babak final.
  •  Pada babak penyisihan, teks ditulis dalam huruf hiragana dan katakanatanpa ada kanji, dan akan diambil 15 peserta terbaik.
  • Pada babak semi final, bentuk teks lebih kompleks dengan kanji-kanjidasar, dan akan diambil 7 peserta terbaik untuk masuk babak final.
  • Pada babak final akan diambil juara 1, 2, dan 3 yang masing-masing mendapatkan tropi, setifikat dan uang tunai.
  • Peserta wajib bertanding sesuai alur dan nomor urut yang telah didapatkan saat TM.
  • Peserta yang telah dipanggil 3 kali tetapi tidak maju akan dilemparkan ke urutan terakhir. Apabila diurutan terakhir telah dipanggil 3 kali tetap tidak maju, maka akan dianggap mundur dan didiskualifikasi.
  • Saat pertandingan belangsung peserta diharapkan mematikan Hand-phone.
  • Sebelum lomba, peserta menunggu di ruangan yang telah disediakan, dan tidak diperbolehkan meninggalkan tempat sebelum lomba selesai.
  • Peserta memilih bacaan mana yang akan dibaca dengan mengambil nomor undian yang disediakan panitia.
Kriteria Penilaian 
Dewan juri akan membeikan penilaian sebagai berikut :
  • Hatsuon (ketepatan membaca dan kesesuaian dengan pengucapan Jepang)
  • Intonasi (ketepatan jeda antara satu kata dengan kata yang lain)
Drama
Definisi Lomba 
Lomba drama merupakan sebuah pertunjukan drama yang dimainkan oleh satu kelompok dengan dialog bahasa Jepang. Hatsuon, intonasi, mimik wajah dan kekompakan harus diperhatikan.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Peserta membayar biaya pendaftaran dan melakukan registrasi sesuai prosedur.
  • Perwakilan dari masing-masing kelompok wajib menghadiri TM untuk mendapatkan nomor urut kelompok.
  • Menyerahkan atau mengirimkan 2 soft-copy  nakah huruf hiragana dan tejemahan serta file MP3 melalui e-mail MINORI dengan subjek “Drama_Judul Drama_Asal Sekolah” pada tanggal yang ditentukan saat TM.
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Panitia hanya menyediakan 2 buah kursi untuk properti dan 1 ruang ganti untuk bersama.
Peraturan dan Prosedur Lomba 
  • Peserta wajib datang 30 menit sebelum waktu penampilan. Apabila saat lomba tidak hadir, akan diundur sebagai urutan terakhir. dan apabila masih tidak hadir akan di diskualifikasi/dianggap mengundurkan diri.
  • Mengirimkan 2 soft-copy naskah hirgana dan terjemahan melalui e-mail MINORI. (ditambahkan file mp3 dan hasil scan bukti pembayaran)
  • Perlombaan bersifat kelompok. 1 kelompok berjumlah 5 – 7 siswa. ( setiap SMA maksimal mendaftarkan 2 kelompok )
  • Mengumpulkan naskah yang sesuai dengan tema “Aki no Fortune”.
  • Dubbing (menggunakan file Mp3)
  • Dilarang ada unsur SARA dan Pornografi.
  • Waktu ditandai dengan 3 bendera. Hijau (mulai), kuning ( sisa waktu 5 menit), merah (waktu habis).
  • Durasi permainan 20 menit sudah termasuk persiapan di panggung.
  • Setelah penampilan, diperbolehkan meninggalkan area lomba dan hanya diperbolehkan menitipkan properti lomba saja (kostum dan properti berat).
  • NO COSPLAY ( Dilarang MENG-COSPLAY anime maupun doramaapapun ! )
Ketentuan Naskah 
  • Menyerahkan atau mengirimkan 2 soft-copy nakah huruf hiragana dan terjemahan serta file MP3 (dan hasil scan bukti pembayaran) melalui e-mail MINORI dengan subjek “Drama_Judul Drama_Asal Sekolah” pada tanggal yang ditentukan saat TM
  • Naskah dikirimkan paling lambat tanggal 22 Oktober 2014 pukul 24.00 WIB.
  • Font untuk naskah Hiragana bebas terbaca, size 12.
  • Font untuk naskah Bahasa Indonesia menggunakan font Calibri, size 12.
  • Margin bebas.
  • Menggunakan spasi 1,5.
  • Menggunakan Microsoft Word maksimal 2010.
  • Menggunakan Header dan Footer sesuai ketentuan.
Header:MINNA NO MATSURI, Tema besar, Tema Lomba Drama.
Footer:MD_NO URUT_SEKOLAH ASAL.
Dengan format.

Original Character
Definisi Lomba 
Original character (OC) adalah menggambar sebuah karakter ( manga style,western style atau gaya yang lain) beserta background  yang belum pernah dibuat oleh kreator manapun dan belum pernah dipublikasikan dimanapun.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Peserta wajib membayar biaya pendaftaran serta melakukan pendaftaran sesuai prosedur.
  • Wajib mengikuti Technical Meeting dan menunjukkan bukti pembayaran.
  • Saat lomba, peserta paling lambat hadir 30 menit sebelum lomba dimulai dengan registrasi ulang di Uketsuke.
  • Gambar harus sesuai tema besar Minna no Matsuri yaitu “Musim Gugur Di Jepang”.
Peraturan dan Prosedur Lomba 
  • Diwajibkan membawa alat gambar sendiri
  • Peserta diwajibkan membawa papan dada serta meja kecil.
  • Gambar dibuat di atas kertas A3 yang disediakan oleh panitia.
  • Gambar tidak boleh menampilkan hal apapun yang berbau SARA, erotisme, pornografi, dan kekerasan.
  • Tema “Musim Gugur di Jepang”.
  • Diperbolehkan digambar ulang menggunakan drawing pen/ spidol/ diwarna. Karena ada poin tambahan.
  • Dilarang membawa contoh gambar.
  • Penukaran kertas karena kualitas ( rusak, sobek, kotor, dll ) hanya diperbolehkan satu kali.
  • Peserta yang terlambat diperbolehkan mengikuti lomba dengan sisa waktu yang ada.
  • Peserta wajib men-silent/ mematikan HP agar tidak mengganggu konsentrasi peserta lainnya.
  • Karya yang dikumpulkan menjadi hak milik panitia sepenuhnya.
Kriteria Penilaian 
  • Originalitas (Karya harus orisinil, belum pernah dipublikasikan di lomba manapun dan tidak boleh menyontek sama persis dari media apapun).
  • Kreatifitas.
  • Kerapian dan detail.
  • Keindahan.
  • Kecocokan tema (gambar harus sesuai dengan tema yang ditentukan).
Fashion Show
Definisi Lomba 
Fashion sendiri artinya cara, kebiasaan atau mode. Jadi fashion show adalah pertunjukkan yang memperagakan cara, kebiasaan atau mode dari busana, aksesoris, sepatu, dll.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Peserta siswi SMA/ sederajat (untuk kategori SMA). Dan siswi SMP/sederajat (untuk kategori SMP).
  • Peserta mengisi formulir pendaftaran.
  • Melampirkan fotocopy tanda pengenal pada formulir pendaftaran (KTM/KTP).
  • Membayar biaya pendaftaran yang sudah ditentukan.
  • Mengikuti Technical Meeting pada hari dan tanggal yang sudah ditentukan.
  • Tema kategori :
    • SMA = Aki no Kawaii Tokyo Street Style
    • SMP = Yukata Kontemporer
  •  Peserta harus datang maksimal 30 menit sebelum lomba dimulai.
  • Panitia menyediakan No. Peserta, ruang ganti, dan lagu pengiring.
  • Hal- hal yang kurang jelas dapat ditanyakan pada waktu TM atau melalui CP/blog.
Konsep Lomba 
Lomba fashion show ini memilih fashion ala musim gugur yang biasa dipakai oleh orang Jepang di berbagai jalan terkenal di Jepang seperti di Harajuku, Sibuya, dan Akihabara untuk kategori SMA dan yukata kontemporer untuk kategori SMP sebagai konsepnya. Karena diharapkan dengan konsep ini peserta lebih tahu dan bisa lebih kreatif tentang desain fashion Jepang dan yukata.
Kriteria Penilaian
Kategori SMA:Kreatifitas desain, tema desain, kesesuain make up dengan tema dari peserta,  catwalk, modeling.
Kategori SMP:Kreatifitas desain yukata, kesesuaian make up dengan desain yukata, catwalk, modeling.
Bento Sehat
Definisi Lomba 
    Lomba bento sehat merupakan suatu ajang pengembangan kreatifitas dengan memadupadankan komponen sehat dan bergizi serta baik untuk tubuh. Ajang ini tidak hanya mengeksplorasi cara menyiapkan makanan melainkan menyunsun, menata, dan mengatus komposisi makanan yang terdiri dari nasi, buah, dan berbagai jenis lauk dengan mengkombinasikan warna agar terlihat indah serta mengundang selera makan. Perlu keterampilan dan wawasan untuk mengemas, menghias lalu menghidangkan susunan  makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna di dalam kotak bento. Selain itu, warna dan penataan harus kontras sehingga mampu menambah nilai lebih dalam penyajian bento sehat.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Peserta membayar biaya pendaftaran dan melakukan registasi sesuai prosedur.
  • Wajib mengikuti Technical Meeting.
  • Peserta wajib hadir di tempat lomba 10 menit sebelum lomba dimulai.
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan dan Prosedur Lomba 
  • Peserta harus membawa bahan yang sudah matang.
  • Bahan yang di bawa harus sesuai dengan tema dan dalam keadaan utuh (belum di bentuk).
  • Tema untuk kategori SMP “Kawaii Bentou” dan untuk kategori SMA“Anime Bentou”.
  • Tidak diperbolehkan membawa contoh design.
  • Wajib memakai seragam sekolah dan membawa apron (celemek).
  • Wajib membawa peralatan sendiri (kotak bento, pisau, gunting, cetakan, tatakan dll).
  • Durasai pembuatan bentou 45 menit.
  • Wajib membawa kresek / kantong plastik ukuran sedang untuk tempat sampahnya sendiri.
  • Wajib membawa baskom dan air mentah secukupnya untuk memcuci
  • Tidak merusak fasilitas lomba.
  • Barang yang berharga di amankan sendiri, kehilangan bukan tanggung jawab panitia.
  • Menjaga kebersihan.
Kriteria Penilaian 
  • Keindahan
  • Kandungan gizi
  • Kebersihan
  • Happyou
Essay
Definisi Lomba 
    Esai didefinisikan sebagai sebuah karangan singkat yang berisi pendapat atau argumen penulis tentang suatu topik.
Syarat dan Ketentuan Lomba 
  • Peserta adalah pelajar tingkat SMP/sederajat se-jawa timur.
  • Menyertakan KTP (kartu tanda pelajar) yang telah di scan.
  • Naskah Essay yang dilombakan merupakan karya perorangan dan belum pernah dipublikasikan.
  • Setiap peserta maksimal 1 karya.
  • Naskah diketik di kertas A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5. Margin 4 cm kiri, 3 cm kanan, 3 cm bawah, dan 3 cm atas.
  • Judul esai bebas, namun harus sesuai dengan tema lomba.
  • Tema Festival Musim Gugur di Jepang”.
Pengiriman Naskah 
  • Naskah dapat dikirim melalui email.
  • Naskah yang dikirim melalui email paling lambat 18 Oktober 2014 pukul 24.00 WIB ke alamat: minnanomatsuri@gmail.com
  • Pengumuman di umumkan pada tanggal 26 Oktober 2014 pada acara Minna no Matsuri.
  • Naskah yang dikirim di luar waktu yang telah ditentukan tidak akan diikutsertakan dalam lomba.
  • Naskah Essay yang dikirim via email harus dikirim dalam format MS. Word dengan nama file: “Nama_Judul Essay_Sekolah”.
  • Essay minimal 750 kata dan maksimal 1500 kata.
  • Pada subyek/judul email ditulis dalam format: “Nama_Judul Essay_Sekolah”.
  • Berkas yang dikirim meliputi naskah Essay dan kartu tanda pelajar(KTP). Karya dan kartu tanda pelajar(KTP) dilampirkan dalam satu email.
  • kontak person FIB_UB @MinoriUB . CP: 0856-4810-5972 (IKLIM)
Seleksi dan Penjurian 
  • Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan pada 26 Oktober 2014 di FIB UB.
  • Keputusan Dewan Juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu-gugat.
Aspek-aspek yang dinilai dan bobot penjurian: 
  • Keseuaian tema
  • Gagasan
  • Argumentasi
  • Penulisan
Biaya Pendaftaran
Lomba Cerdas Cermat Bahasa Jepang
Peserta:Pelajar SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:3 peserta setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 50 orang siswa)
Biaya Pendaftaran:Rp 35.000 /orang

Lomba Kamishibai (Cerita Bergambar)
Peserta:Pelajar SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:4 peserta setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 50 orang siswa)
Biaya Pendaftaran:Rp 40.000 /orang

Lomba Roudoku (Membaca Teks Bahasa Jepang)
Peserta:Pelajar SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:3 peserta setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 40 orang siswa)
Biaya Pendaftaran:Rp 35.000 /orang

Lomba Drama
Peserta:Pelajar SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Kelompok
Kuota:2 kelompok setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 15 kelompok)
Biaya Pendaftaran:Rp. 105.000 / kelompok

Lomba Original Character
Peserta:Pelajar SMP dan yang sederajat se-Jawa Timur dan umum
Kriteria:Perorangan
Kuota:kuota tidak terbatas untuk setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 40 perkategori)
Biaya Pendaftaran:Kategori SMP Rp. 35.000 /orang
Kategori Umum Rp. 40.000 /orang

Lomba Fashion Yukata
Peserta:Pelajar SMP dan SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:kuota tidak terbatas untuk setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 20 perkategori)
Biaya Pendaftaran:Rp. 35.000 /orang untuk semua kategori

Lomba Bento Sehat (Menghias Makanan)
Peserta:Pelajar SMP dan SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:3 peserta setiap sekolah (jumlah peserta sebanyak 20 siswa perkategori)
Biaya Pendaftaran:Rp. 35.000 /orang untuk semua kategori

Lomba Essay
Peserta:Pelajar SMP yang sederajat se-Jawa Timur
Kriteria:Perorangan
Kuota:kuota tidak terbatas untuk setiap sekolah (jumlah peserta tidak terbatas)
Biaya Pendaftaran:Rp. 50.000 /judul

0 Response to "Minna no Matsuri 2 UGM"