LKTI Metallurgy & Material’s Week Paper Competition 2014 Universitas Indonesia
LKTI Metallurgy & Material’s Week Paper Competition 2014 Universitas Indonesia
Paper Competition dibagi menjadi 2,yaitu :
1. Lomba Karya Tulis Pelajar (SMA/SMK/Sederajat)
Dari Tema besar Paper Competition MnMs Week 2014, diturunkan lagi menjadi tema untuk Lomba Karya Tulis Pelajar, yaitu “Inovasi Teknologi Mobil Nasional sebagai Penyokong Kemandirian Bangsa”.
Sesuai dengan latar belakang diatas, diharapkan peserta dapat memberikan ide-ide baru yang inovatif yang mungkin dapat meningkatkan kualitas dari mobil nasional. Jika kualitas meningkat, maka akan dapat meningkatkan daya saing dengan produk mobil yang telah ada. Sehingga roda perekonomian kita dapat meningkat. Dari topic diatas, dibagi menjadi sub tema untuk dapat memudahkan peserta dalam menyalurkan ide-ide yang akan dibuat, yaitu antara lain :
Energi
Inovasi energi terbarukan ramah lingkungan untuk kemajuan mobil nasional. Dalam hal ini energi yang dimaksudkan adalah bahan bakar kendaraan berjenis mobil yang memiliki tingkat efisiensi tinggi baik dalam segi penggunaan maupun hasil penggunaan. Apabila dari peserta memiliki ide tentang sesuatu hal yang berkenaan tentang energy yang dapat digunakan untuk kendaraan.
Desain
Desain mesin maupun non-mesin yang aplikatif, inovatif dan terintegrasi untuk dapat dipakai pada rancangan dari mobil nasional. Dimana desain merupakan salah satu hal yang penting pada kendaraan. Desain yang diharapkan adalah desain inovatif dan dapat meningkatkan peforma dari kendaraan yang digunakan. Desain dapat berupa desain mesin maupun non. Yang dimaksud dengan non mesin adalah desain komponen maupun bagian-bagian dari kendaraan roda empat (mobil).
Lingkungan
Seperti yang telah diketahui bahwa hal yang erat hubungannya dengan kendaraan bermotor adalah lingkungan. Peserta dapat melihat lingkungan sekitar begitu banyak limbah-limbah yang ada disekitar kita. Diharapkan peserta dapat memberikan inovasi komponen berbasis limbah maupun partisi-partisi yang mengurangi dampak emisi dari mobil. Sehingga limbah-limbah tersebut dapat digunakan kembali dengan meningkatkan nilai jualnya dengan menggunakannya untuk bagian-bagian pada mobil. Bagian yang dimaksud tidak terbatas pada komponen mesin, namun dapat juga pada bagian interior, perlengkapan yang ada di kendaraan, dsb.
2. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
Sesuai dengan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka tema yang akan diangkat untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa adalah “Kontribusi Nyata Untuk Sinergisitas Pertumbuhan Mobil Nasional Demi Kemajuan Bangsa”.Lomba ini ditujukan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia tanpa membatasi bidang ilmu, seluruh mahasiswa yang merasa memiliki ide inovatif dan solusi terkait kontribusi nyata dalam mengembangkan mobil nasional sangat diperkenankan untuk mendaftar. Jika kita melihat keadaan industry otomotif kita, maka ada beberapa hal yang harus dioptimalkan untuk dapat meningkatkan tingkat pendapatkan Negara sehingga perekonomian Negara juga meningkat. Sebagai mahasiswa diharapkan dapat membuka mata dengan segala keadaan dan permasalahan yang ada, sehingga lomba ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan ide solutif dan peranan atau kontribusi sebagai mahasiswa untuk mendukung pertumbuhan mobil nasional di Indonesia sesuai dengan sub tema berikut:
Regulasi : “Optimalisasi Regulasi untuk sinergisasi hulu-hilir industri otomotif nasional”
Jika kita mau menelaah, keadaan regulasi yang ada masih belum optimal untuk dapat mendukung pertumbuhan mobil nasional di Indonesia. Dan regulasi yang telah dibuat saat ini terkait mobil nasional dirasa lebih menguntungkan pihak asing dibandingkan dengan pihak dalam negeri. Sehingga teman-teman mahasiswa dapat memberikan sumbangsih saran terkait regulasi ataupun melakukan optimalisasi pada kebijakan pemerintah yang telah ada untuk sinergisasi hulu-hilir industri otomotif nasional. Hal-hal yang berkenaan tentang regulasi yang mungkin menurut analisa dari peserta mahasiswa merupakan hal yang dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan mobil nasional sekarang ini, sehingga kedepannya perlu diperbaiki.
Ekonomi : “Konsep Kawasan Industri otomotif nasional”
Pada bidang ini, teman-teman mahasiswa dapat memberikan suatu konsep kawasan industri otomotif nasional di mana memperhitungkan peluang bisnis dan investasi-nya. Sehingga dapat memberikan dampak yang baik secara langsung atau tidak langsung dalam meningkatkan potensi suatu daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang dapat terlibat langsung dalam konsep kawasan industri otomotif nasional tersebut.
Teknologi :
Seiring bertambahnya zaman, maka teknologi akan semakin maju. Oleh karena itu untuk memenangkan persaingan di dunia otomotif yang semakin kompetitif, maka diperlukan inovasi guna meningkatkan efisiensi dari segi produksi dan penggunaannya. Dalam bidang teknologi akan dibagi menjadi dua sub-bagian yaitu:
- “Teknologi aplikatif guna meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil nasional” Salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan dalam penggunaan suatu kendaraan adalah bahan bakarnya. Dimana bahan bakar dari sebuah kendaraan dipengaruhi banyak hal. Sehingga diharapkan peserta mahasiswa dapat memberikan solusi aplikatif untuk dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil nasional.
- “Inovasi dari segi pemilihan material (material selection) untuk desain mobil nasional”
Seperti yang telah kita tahu bahwa material merupakan hal penting. Material yang digunakan pada kendaraan merupakan material pilihan yang dapat menunjang kinerja dari suatu komponen. Satu buah mobil memiliki ribuan komponen didalamnya. Namun, sampai sekarang peneliti-peneliti seluruh dunia berlomba-lomba untuk dapat menemukan suatu material pilihan untuk suatu komponen tertentu. Maka dari itu, diharapkan teman-teman mahasiswa dapat memberikan solusi dari permasalahan dari material komponen yang ada.
Mangement : “Sinergisitas hulu dan hilir industri otomotif nasional”
Dalam mencapai suatu tujuan dengan hasil yang maksimal dibutuhkan prosedur manajemen yang berkualitas dan bersifat professional. Dalam hal ini teman-teman mahasiswa dapat memberikan ide-ide kreatif mengenai manajemen/lineflow untuk mencapai sinergisitas antara hulu dan hilir industri otomotif nasional.
Sehingga dengan tercapainya sinergisitas tersebut dapat meningkatkan kemandirian bangsa yang berdampak pada kemajuan Indonesia.
Keterangan Tanggal
Tahap Pendaftaran | 25 Juni – 31 Agustrus |
Tahap Pengumpulan Softcopy | 5 September |
Tahap Pengumpulan Hardcopy | 7 September (Cap Pos) |
Tahap seleksi dan penjurian | 22 September – 15 Oktober |
Pengumuman Finalis | 18 Oktober |
Pengumpulan poster untuk 10 besar softcopy | 26 Oktober |
Technical Meeting | 9 November |
Grand Final | 10 November |
Pengumuman pemenang | 10 November |
Sumber Klik Disini
0 Response to "LKTI Metallurgy & Material’s Week Paper Competition 2014 Universitas Indonesia"